Manual Perkerasan Jalan Tahun 2017



A.     Jenis Struktur Perkerasan
Jenis struktur perkerasan baru terdiri atas:
1. Perkerasan pada permukaan tanah asli.
2. Perkerasan pada timbunan.
3. Perkerasan pada galian.

Berikut merupakan tipikal struktur perkerasan :

  • ·         Tipikal Struktur Perkerasan Lentur (Lalu Lintas Berat
 


  • ·         Tipikal Struktur Perkerasan Kaku

A.   PEMILIHAN STRUKTUR PERKERASAN
Pemilihan jenis perkerasan akan bervariasi berdasarkan volume lalu lintas, umur rencana, dan kondisi fondasi jalan. Batasan pada Tabel 1.1 tidak mutlak, perencana harus mempertimbangkan biaya terendah selama umur rencana, keterbatasan dan kepraktisan pelaksanaan. Pemilihan alternatif desain berdasarkan manual ini harus didasarkan pada discounted lifecycle cost terendah.



Berikut merupakan pemilihan struktur permukaan :
1.      Perkerasan Aspal Beton dengan Cement Treated Base (CTB)
2.      Perkerasan Beton Aspal dengan Lapis Fondasi Berbutir
3.      Perkerasan Beton Aspal dengan Aspal Modifikasi
4.      Lapis Aus Tipe SMA (Split Mastik Aspal)
5.      Lapis Fondasi dengan Aspal Modifikasi
6.      Lapis Fondasi dengan Aspal Modifikasi
7.      Perkerasan Kaku
8.      Perkerasan Kaku Untuk Lalu Lintas Rendah
9.      Perkerasan Tanpa Penutup (Jalan Kerikil)
10.  Pelebaran Jalan dan Penambalan (Heavy Patching)
11.  Perkerasan pada Lahan Gambut
12.  Pelaburan (Surface Dressing) di Atas Lapis Fondasi Berbutir
13.  HRS-WC Tebal ≤ 50 mm di Atas Lapis Fondasi Berbutir
14.  Lapis Fondasi Soil Cement
15.  Jenis Penanganan pada Pelebaran
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Mamfaat Mineral Mangan

EKSTRAKSI ALUMINIUM DARI ZEOLIT ALAM SUMBAWA SEBAGAI BAHAN DASAR SINTESIS ɣ-Al2O3